Psikologi Anak dan Perkembangan Anak
psikologi anak dan
perkembangan anakPenelitian tentang anak pada mulanya dipusatkan pada bidang
spesifik perilaku anak, misalnya bicara, emosi atau minat bermain, dan
kegiatan. Nama yang diberikan untuk cabang penelitian psikologi yang baru ini
adalah psikologi anak. Psikologi anak menunjukkan perhatian yang dipusatkan
pada fenomena psikologis dari usia prasekolah dan usia sekolah anak.
Kemudian, diketahui
bahwa mempelajari berbagai bidang perilaku anak pada berbagai tahapan usia
tidaklah cukup. Hal ini tidak akan menambahkan pemahaman kita mengenai
bagaimana pembahasan karakteristik perilaku sejalan dengan pertumbuhan anak dan
apa saja yang menyebabkan perubahan itu.
Hingga kemudian
“psikologi anak” berubah dan berkembang menjadi “perkembangan anak”, hal ini
untuk menekankan bahwa pusat perhatian sekarang diarahkan pada pola
perkembangan anak dari pada aspek perkembangan tertentu.
Perkembangan anak
berbeda dengan psikologi anak karena empat hal, yaitu:
Pertama, psikologi
anak lebih menitikberatkan pada isi atau hasil perkembangan sedangkan
perkembangan anak mengenai proses dari hal tersebut. Misalnya, meskipun
keduanya mempelajari masalah berbicara, dalam psikologi anak penekanannya lebih
pada perbendaharaan kata anak dan apa yan dikatakannya. Sedangkan perkembangan
anak penekanannya adalah pada bagaimana seorang anak belajar berbicara, dan
kondisi yang menyebabkan variasi dalam pola ini.
Kedua, perkembangan
anak lebih menekankan peran lingkungan dan pengalaman ketimbang psikologi anak.
Tentu saja hal ini tidak berarti bahwa psikologi anak mengabaikan peran
lingkungan dan pengalaman, tetapi penekanan hal tersebut lebih kurang dari pada
yang dilakukan para ahli psikologi perkembangan.
Ketiga, psikologi
anak mempunyai satu tujuan utama yaitu mempelajari bidang perilaku anak yang
berbeda, sedangkan perkembangan anak mempunyai enam tujuan yaitu menemukan apa
saja karakteristik perubahan usia dalam penampilan, perilaku, minat, dan tujuan
dari suatu periode perkembangan ke periode yang lain. Untuk menemukan kapan
perubahan ini terjadi. Untuk menemukan dalam kondisi apa saja terjadinya
perubahan ini. Untuk menemukan bagaimana perubahan ini mempengaruhi perilaku
anak. Untuk menemkan perubahan ini dapat diramalkan atau tidak. Dan yang
terakhir untuk menemukan apakah perubahan ini sifatnya individu atau sama bagi
semua anak.
Keempat, sebagai
ganti penekanan pada usia prasekolah dan usia sekolah anak anak, yang dilakukan
pada penelitian awal dari para psikolog anak, para psikolog perkembangan anak
telah memperluas bidang studinya ke dua arah, dari bayi yang baru lahir hingga
anak usia puber. Karena laporan penelitian kedokteran telah menekankan pengaruh
lingkungan pralahir yang menetap pada seorang anak, perkembangan anak sekarang
mundur sampai ke saat konsepsi.
Pergeseran dalam
minat dan tujuan ini berarti bahwa dibutuhkan jauh lebih banyak lagi
penelitian. Psikologi perkembangan anak merupakan lapangan yang jauh lebih luas
dibandingkan dengan psikologi anak, sehingga terjadi perkembangan kajian yang
lebih komprehensif dan kompleks dalam hal kajian anak.
0 komentar: